2ND BIANNUAL CONFERENCE ON RESEARCH RESULTS (BCRR)

Profil BCRR II

    Pelaksanaan BCRR (Biannual Conference on Research Result) merupakan perwujudan nyata penilaian dan promosi hasil-hasil riset yang telah dihasilkan, utamanya yang bersumber dari alokasi pendanaan Kementerian Agama RI. BCRR ini akan memastikan terinventarisasinya hasil riset yang berkualitas dan menentukan hasil riset yang terbaik.

    Pasca terbitnya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, alokasi anggaran untuk penelitian ditetapkan sekurang-kurangnya 30% (tiga puluh persen) dari BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri). Di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, kebijakan alokasi penelitian sebanyak 30% dari BOPTN itu telah berlaku sekurangnya mulai tahun anggaran 2018, pasca terbitnya Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Standar Satuan BOPT pada PTKI.

    Penelitian yang dilakukan oleh dosen sesungguhnya telah demikian nyata besarnya, baik pada aspek kualitas maupun kuantitas. setiap tahun terdapat minimal 4.000-an (empat ribuan) hasil riset yang dihasilkan. Dengan hitungan, jika setiap PTKIN yang sebanyak 58 kampus itu rata-rata 65 judul riset yang dibiayai dari masing-masing satker PTKIN, maka berjumlah 3.770 judul. Selain itu, 400-an judul yang dibiayai oleh satker direktorat, sehingga total berjumlah 4.170 judul riset yang dibiayai atas DIPA Kementerian Agama. Belum lagi, riset berbasis tesis dan disertasi yang setiap tahun atau persemester dihasilkannya.

    Kegiatan dwitahunan yang kedua ini akan berlangsung pada tanggal 25 – 27 November di Provinsi Gorontalo. Tuan rumah kegiatan 2nd Biannual Conference on Research Results adalah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo. Kegiatan 2nd Biannual Conferen on Research Results akan dilaksanakan dengan tema “Meneguhkan Peran PTKI sebagai Kampus Berbasis Riset Menuju Indonesia Maju Tahun 2045”.